9 Makanan Menambah Kekebalan Tubuh

31 Mar 2011

9 Makanan dapat Menambah Kekebalan Tubuh - Tubuh sehat mungkin idaman semua orang. Sehat itu lebih berharga dibanding dengan apapun. Dengan SEHAT, kita bisa melakukan setiap kegiatan dan pekerjaan dengan baik. Tiap-tiap orang memang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Misalnya saja, ada orang yang akan langsung kena flu jika kehujanan. Akan tetapi ada yang tidak apa-apa atau tetap sehat walaupun kehujanan. Disini jelas, kekebalan atau daya tahan tubuh berbeda. Anda termasuk yang mana? Gampang sakit atau punya daya tahan tubuh yang baik?

Oke, setelah cari-cari kesana-kemari saya menemukan tulisan yang cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam hal ini selain olahraga yang teratur, ternyata makanan dapat menambah kekebalan tubuh. Silahkan baca aja 9 makanan peningkat daya tahan tubuh dibawah ini.

1. Yoghurt
Selain rasanya yang nikmat dan creamy, dalam yoghurt, mengandung probiotik yakni bakteri sehat yang menjaga usus. Sehingga saluran pencernaan terbebas dari kuman. Penelitian dari University of Vienna di Austria menemukan bahwa yoghurt efektif meningkatkan imunitas. Dalam penelitian tersebut diketahui sebanyak 181 karyawan pabrik mengonsumsi probiotik Lactobacillus secara rutin selama 80 hari. Dan diketahui dapat mengurangi jumlah hari sakit hingga 33 persen dan mampu merangsang sel darah putih.

2. Oats dan Barley
Selain rasanya yang gurih, juga mampu meningkatkan kekbalan tubuh. Juga mampu dengan cepat menyembuhkan luka dan membuat antibiotik bekerja dengan lebih baik. Bulir-bulir pada oats dan barley, seperti dijelaskan oleh pakar dari Swedia, mengandung beta-glucan. Ini merupakan sejenis serat dengan kemampuan antimikroba dan antioksidan yang lebih kuat.

3. Bawang putih
Jenis rempah ini, selain memberikan rasa dan aroma yang nikmat pada makanan, bahan aktif allicin yang dapat melawan infeksi dan bakteri juga terkandung di dalamnya. Bahkan peneliti dari Inggris mengungkapkan, bahwa bagi orang yang secara rutin mengonsumsi bawang putih, akan terhindar dari mesuk angin atau perut kembung.

4. Ikan
Gurihnya rasa dari hidangan laut ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Selain rasanya yang lezat, ikan juga memiliki zat sebagai imunitas karena dalam ikan terdapat zat selenium yang banyak terdapat pada kerang, lobster, kepiting dan tiram yang mampu memproduksi protein sitokin untuk membantu virus flu keluar dari tubuh. Untuk ikan salmon, mackerel dan ikan haring yang kaya omega3 untuk mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, melindungi paru-paru dari flu dan infeksi prenapasan.

5. Sup Ayam
Rasa lezat dan kesegaran dari sup ayam memang menggoda. Selain itu, sup ayam ternyata mampu menjaga daya tahan tubuh karena menurut peneliti dari University of Nebraska menemukan bahwa sup ayam dapat menghambat terjadinya inflamasi atau peradangan. Ini karena asam amino sistein yang dibebaskan saat ayam dimasak menyerupai zat kimia asetilsistein. Dan kaldu ayam yang dipadukan dengan aneka rempah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Teh
Nikmat dan segar, itulah sensasi dari minuman yang satu ini. Selain itu berdasarkan studi dari Harvard, menemukan dengan meminum 5 cangkir teh hitam selama 2 minggu lebih, bisa melawan virus interferon dalam darah. Selain itu asam amino L-theanine yang mempu meningkatkan kekebalan tubuh terdapat pada teh hitam dan teh hijau.

7. Daging sapi
Berbagai macam olahan daging sapi begitu lezat dan nikmat. Selain itu juga bermanfaat dalam tubuh. Ahli gizi dan imunitas dari Lembaga Scripps Research di La Jolla, California mengatakan bahwa daging sapi merupakan sumber utama dari mineral untuk meperkuat kekbalan tubuh.

8. Ubi Jalar
Makanan yang mengenyangkan dan memiliki rasa manis ini mengandung beta karoten, yakni perubahan menjadi vitamin A dalam tubuh yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh.

9. Jamur
Jenis bahan makanan ini memiliki bentuk yang unik dan rasanya yang enak. Bahkan pakar herbal, Douglas Schar DipPhyt, MCPP, MNIMH dari Institut of Herbal Medicine di Washington DC mengatakan bahwa jamur dapt memproduksi dan kelancaran sel-sel darah putih. Dan jamur yang banyak mengandung zat imunitas adalah jamur shiitake, maitake, dan jamur reishi.

Sumber: Today.co.id

Semoga tulisan penambah kekebalan tubuh diatas bermanfaat. Semoga kita tetap memiliki tubuh yang sehat dan segar.


TAGS makanan sehat daya tahan tubuh kekebalan tubuh tubuh sehat


-

Author

Follow Me